Monday, January 3, 2011

Diary Entikong

3 Januari 2011, Selamat Tahun Baru!!

From UI to the Border of the Country..

K2N UI 2010 merupakan pengalaman sekali seumur hidup yang tidak akan pernah saya lupakan. I'm so blessed with this experience. K2N UI 2010 dengan tema "Turut Menjaga Keutuhan NKRI di Pulau-Pulau Terdepan dan Perbatasan" di bulan Juli lalu, akan saya ceritakan sedikit demi sedikit dari sudut pandang seorang mahasiswa yang masih buta akan pengalaman hidup. Terlebih hidup di daerah perbatasan, jauh dari kota besar dan segala kemegahannya, serta jauh dari kemanjaan duniawi.

Kenapa baru saya tulis sekarang?
Tidak ada alasan khusus, hanya saja setelah 6 bulan berlalu saya benar-benar menyadari bahwa pengalaman ini masih terasa segar seperti baru kemarin.Namun, sebagai manusia rasa khawatir segala detail akan terhapus oleh waktu serta agar tidak terlalu lama mengendap pun muncul, jadi lebih baik saya mulai menuliskannya dan membaginya kepada siapapun yang mau membaca. Siapa tahu kan ada yang bisa mendapatkan sesuatu dari tulisan yang lagi-lagi, bersumber dari sudut pandang saya yang terbatas dan masih buta akan kehidupan, baik hanya sebagai hiburan semata ataupun syukur-syukur jika ada yang mendapat inspirasi dari ini.

Sedikit klarifikasi dari post sebelumnya dimana sebelumnya saya menulis bahwa saya akan melaksanakan tugas K2N UI 2010 di Desa Suruh Tembawang, ternyata pada detik-detik terakhir kami (baca: saya dan rekan-rekan tim K2N Entikong) baru tahu bahwa kami akan melaksanakan tugas tersebut di Desa Nekan, Dusun Punti Tapau. Ini merupakan info awal yang nantinya akan kami gali mengenai tempat tersebut. Rutenya masih sama, hanya saja tanpa berperahu karena Punti Tapau tidak sejauh Suruh Tembawang. Jakarta - Pontianak (udara), Pontianak - Entikong (darat), Entikong - Punti Tapau (darat).




Jadi, mulai dengan post setelah ini saya akan menge-post-kan diary saya (baca: laporan lapangan yang harus ditulis setiap hari sebagai salah satu penilaian K2N UI 2010 tentang kegiatan yang dilakukan dan informasi yang didapat
pada hari tersebut, kurang lebih seperti itu definisinya :p). Diary ini dibuat selama 31 hari kami melakukan program K2N untuk kemudian dilaporkan kepada pembimbing lapangan untuk dinilai (dinilai atau dikoreksi ya, entahlah, hanya kami yang tahu ceritanya :p). Diary ini nantinya kurang lebih akan saya tambahkan beberapa catatan karena diary yang saya buat ini kemarin dibuat dengan standar dosen pembimbing yang mengharuskan kami menulis analisa SWOT (aneh juga ya kalau diary pake analisa SWOT, jadi kami lebih menganggap bahwa ini adalah laporan lapangan instead of "diary", selain itu ketentuan yang dibuat adalah tidak menuliskan perasaan kami, seperti: '...hari ini hujan, jalanan licin sekali, tadi saya kepeleset...' atau '...aduh cabainya habis, padahal mau masak nih..') jadi biar lebih terasa sudut pandang saya-nya nanti sedikit-sedikit akan saya tambahkan sesuai suasana hati saya saat itu :D

Well, enjoy to read it..

No comments:

Post a Comment

your comment here..