Wednesday, April 13, 2011

Buku untuk Sahabat Nusantara

"Kalau baca buku bisa jadi pintar ya, Kak?" tanya seorang pemuda berusia belasan tahun kepada saya siang itu..
"Iya, dari buku kamu bisa tahu banyak hal.. Itu bisa bikin kamu pintar", jawab saya..

Percakapan singkat ini terjadi beberapa bulan lalu di sebuah rumah baca sederhana yang dibuat oleh tim K2N saya di Dusun Punti Tapau, Entikong.. Saat itu saya benar-benar merasa bersyukur karena sejak kecil saya sudah 'mengenal' buku.. Baik hanya sebagai hiburan, informasi, ataupun edukasi.. Sungguh sangat berbeda dengan pemuda ini yang bahkan saat memegang buku pun terlihat canggung..

Akses pendidikan yang terbatas, biaya sekolah yang kadang menjadi pilihan di antara makan atau kelaparan, serta berbagai dinamika kehidupan lainnya membuat teman-teman dan adik-adik kita di beranda terdepan bangsa kita yang besar ini sulit untuk mengecap manisnya pengetahuan dari buku-buku bacaan..

Sekali lagi saya bersyukur karena pernah menjadi bagian dari tim K2N UI 2010 dalam pembuatan Rumah Baca Sahabat Nusantara, sebagai salah satu upaya memfasilitasi warga perbatasan dengan buku-buku bacaan.. Kami berbagi kebahagiaan melalui buku disana..
salah satu sudut Rumah Baca Sahabat Nusantara

Saat itu saya bisa melihat dan merasakan betapa senangnya adik-adik kita disana ketika kami membacakan buku cerita kepada mereka, dimana hal ini merupakan hal yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.. Karena tidak semua orang tua memiliki buku untuk bisa diceritakan ke anak-anak mereka..
Mereka tidak pernah merasakan dibacakan cerita saat berkumpul bersama atau sebagai pengantar tidur di malam hari..seperti kebanyakan dari kita..

Teman-teman..
Mari kita peduli terhadap perkembangan intelektualitas saudara-saudara kita yang tinggal di wilayah perbatasan.. Sebuah buku merupakan motivasi mereka untuk berkembang dan tidak terus-menerus terkungkung dalam keterbatasan.. Drop your books into "Sabantara UI Dropbox" yang sudah bisa teman-teman temui di fakultas masing-masing.. Berbagi kebahagiaan untuk Negeri melalui buku..

Show that you care.. :)
Komunitas Sabantara UI : Berbagi untuk Negeri

No comments:

Post a Comment

your comment here..